Rabu, 02 Januari 2019

Membuat Vidiomu lebih stabil dengan Gimbal

Handheld Video Stabilizer

Apakah itu stabilizer? dan apa fungsinya?

Saya yakin Anda pernah ‘kan menonton sebuah video amatir teror bom Jakarta di Sarinah beberapa saat lalu? Bagaimana hasilnya? Melihat video amatir tersebut, saya yakin kepala Anda akan serasa pening atau bahkan tidak nyaman menontonnya (terlepas dari konten update-nya yang saat itu begitu ingin kita lihat). Benar, banyak gambar yang bergoyang-goyang.

Terlepas dari video tersebut diambil dari keadaan yang mendesak dan darurat, tapi intinya, hasil videonya tidak asyik untuk dinikmati bukan?

Itu karena, saat pengambilan gambar kamera sangat rentan terhadap gerakkan. Coba buktikan sendiri dengan mencoba merekam video dengan berjalan menyusuri obyek, atau bahkan dengan berlari. Bisa dipastikan, hasilnya juga pasti naik turun mengikuti gerak tubuh Anda. Itulah sebabnya, dibutuhkan sebuah handheld video stabilizer untuk mengatasi goyangan tersebut.

Sebuah Handheld video stabilizer sebenarnya adalah mount untuk kamera video yang dikontrol oleh seorang juru kamera (cameraman). Dengan adanya video stabilizer ini, akan memungkinkan kamera untuk bergerak bebas tanpa menghasilkan gambar yang shaking.



Sebenarnya, cara kerja alat ini hanya dengan meredam goyangan saat pengambilan gambar. Jika boleh diasumsikan, alat ini mekanismenya menyerupai sendi peluru yang ada pada hubungan antar tulang gelang bahu dan tulang lengan atas serta antara gelang panggul dan tulang paha manusia. Sehingga ketika alat ini kita gerakkan kemanapun, kamera akan tetap stabil.


EmoticonEmoticon